1.2.b.11 - AKSI NYATA - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Tugas Modul 1.2.b.11 – Aksi Nyata
P O R T O F O L I O
MENINGKATKAN MINAT DAN KREATIVITAS GURU
DALAM MEMBUAT ALAT PERAGA
Di
Susun
O
l
e
h
|
N a
m a |
: |
ISATIR RADHIAH, ST, S.Pd |
|
Instansi |
: |
TK
Negeri Grong-Grong |
|
Wilayah |
: |
Kabupaten
Pidie |
|
Angkatan |
: |
1
(Satu) |
|
Pendamping |
: |
Mahlianurrahman |
|
Fasilitator |
: |
Ani
Suparti |
1.1. LATAR BELAKANG
Mengingat
pentingnya sarana bermain bagi anak maka guru perlu dirangsang, didorong, dan
bahkan dituntut kreativitasnya untuk dapat membuat dan menciptakan sendiri
sarana yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan
bahan yang ada di lingkungan sekitar dengan memperhatikan tahap perkembangan
anak didik.
Selama ini yang terjadi di sekolah, guru
kurang kreatif dan tidak mempunyai minat serta kemauan dalam menyediakan dan
membuat sarana atau alat peraga yang akan digunakan di saat proses belajar
mengajar berlangsung. Sehingga pembelajaran di sekolah kurang mendapatkan hasil
yang optimal.
Berdasarkan
latar belakang di atas, saya akan melakukan tindakan aksi nyata dengan cara
mengajak guru-guru berkolaborasi atau kerjasama dalam meningkatkan kemauan dan
kemampuan serta lebih kreatif lagi dalam menyediakan dan membuat alat peraga
yang akan digunakan di saat proses belajar mengajar berlangsung.
1.2. DESKRIPSI AKSI NYATA
Pada
aksi nyata ini terlebih dahulu yang saya lakukan adalah pertama sekali
memberitahukan kepada kepala sekolah tentang kegiatan aksi nyata ini, lalu
kepala sekolah mengadakan pertemuan bersama dewan guru tentang apa yang akan
dilakukan dalam membuat alat peraga. Kemudian menentukan tema pembelajaran dan
disesuaikan dengan alat peraga / media maupun sarana yang akan dibuat. Demikian
juga penentuan hari dan tanggal pembuatan alat peraga yang sudah kami jadwalkan
bersama – sama. Dalam kesempatan ini saya juga memberitahukan kepada teman
sejawat / dewan guru di sekolah tentang tujuan aksi nyata ini yaitu untuk
meningkatkan minat dan kreativitas guru dalam menyediakan dan membuat alat
peraga pembelajaran.
1.3. HASIL AKSI NYATA
Hasil dari aksi nyata yang saya lakukan
adalah guru-guru sangat antusias dan sangat bersemangat serta senang dalam
membuat sarana / alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari kemauan serta
kreatifnya guru-guru.
Hasil yang juga bisa kita lihat dari aksi nyata ini, keinginan guru-guru serta kemauannya lebih meningkat dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya dimana guru-guru aktif dan kreatif serta mencari tahu dan bertanya sarana atau alat peraga apa lagi yang akan dibuat selanjutnya.
1.4. REFLEKSI AKSI NYATA
Hasil
yang diperoleh dari aksi nyata ini adalah :
A.
Kegagalan
- Ada beberapa guru yang mempunyai pemahaman yang masih rendah tentang media / alat peraga pembelajaran
- Guru belum dapat menyesuaikan antar sarana / alat peraga dengan tema
B.
Keberhasilan
- Suasana dalam membuat alat peraga sangat menyenangkan
- Guru-guru lebih aktif dan kreatif
- Kegiatan ini dapat memotivasi sekaligus meningkatkan kreativitas guru-guru
- Dapat menggunakan langsung alat peraga yang sudah dibuat di saat proses belajar mengajar berlangsung.
1.5. RENCANA PERBAIKAN DI MASA MENDATANG
Dengan
adanya kegagalan di dalam kegiatan aksi nyata ini, maka penulis akan
merencanakan perbaikan di masa yang akan datang yaitu dengan cara :
1. Karena
kurangnya pemahaman guru tentang sarana / alat peraga pembelajaran, maka saya
akan melakukan perbaikan dengan cara mengajak teman sejawat / guru-guru untuk
melihat kembali tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip sarana TK, pengadaan dan
pembuatan alat peraga serta pelaksanaan penggunaan sarana / alat peraga
pembelajaran di TK.
2. Kegagalan yang kedua masih ada beberapa guru yang belum dapat
menyesuaikan alat peraga dengan tema. Di sini saya akan mengajak guru-guru untuk
mengkaji ulang kurikulum 2013 (K13) tentang tema-tema yang ada sekaligus
disesuaikan dengan sarana / alat peraga yang akan digunakan di saat proses
belajar mengajar berlangsung. Kemudian saya mengajak guru-guru membuat program
semester, RPPM, RPPH, dan alat peraga serta mendemonstrasikan di depan
guru-guru tentang penggunaan alat peraga itu sendiri.
1.6. DOKUMENTASI KEGIATAN
Komentar
Posting Komentar