1.2.b.11 - AKSI NYATA - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 Tugas Modul 1.2.b.11 – Aksi Nyata

 

P O R T O F O L I O

MENINGKATKAN MINAT DAN KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT ALAT PERAGA

 

 

Di Susun

O

l

e

h

 

N a m a

:

ISATIR RADHIAH, ST, S.Pd

Instansi

:

TK Negeri Grong-Grong

Wilayah

:

Kabupaten Pidie

Angkatan

:

1 (Satu)

Pendamping

:

Mahlianurrahman

Fasilitator

:

Ani Suparti




1.1.    LATAR BELAKANG

Mengingat pentingnya sarana bermain bagi anak maka guru perlu dirangsang, didorong, dan bahkan dituntut kreativitasnya untuk dapat membuat dan menciptakan sendiri sarana yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan sekitar dengan memperhatikan tahap perkembangan anak didik.

 Selama ini yang terjadi di sekolah, guru kurang kreatif dan tidak mempunyai minat serta kemauan dalam menyediakan dan membuat sarana atau alat peraga yang akan digunakan di saat proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga pembelajaran di sekolah kurang mendapatkan hasil yang optimal.

Berdasarkan latar belakang di atas, saya akan melakukan tindakan aksi nyata dengan cara mengajak guru-guru berkolaborasi atau kerjasama dalam meningkatkan kemauan dan kemampuan serta lebih kreatif lagi dalam menyediakan dan membuat alat peraga yang akan digunakan di saat proses belajar mengajar berlangsung.

 

1.2.    DESKRIPSI AKSI NYATA

Pada aksi nyata ini terlebih dahulu yang saya lakukan adalah pertama sekali memberitahukan kepada kepala sekolah tentang kegiatan aksi nyata ini, lalu kepala sekolah mengadakan pertemuan bersama dewan guru tentang apa yang akan dilakukan dalam membuat alat peraga. Kemudian menentukan tema pembelajaran dan disesuaikan dengan alat peraga / media maupun sarana yang akan dibuat. Demikian juga penentuan hari dan tanggal pembuatan alat peraga yang sudah kami jadwalkan bersama – sama. Dalam kesempatan ini saya juga memberitahukan kepada teman sejawat / dewan guru di sekolah tentang tujuan aksi nyata ini yaitu untuk meningkatkan minat dan kreativitas guru dalam menyediakan dan membuat alat peraga pembelajaran.

 

1.3.    HASIL AKSI NYATA

Hasil dari aksi nyata yang saya lakukan adalah guru-guru sangat antusias dan sangat bersemangat serta senang dalam membuat sarana / alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari kemauan serta kreatifnya guru-guru.

Hasil yang juga bisa kita lihat dari aksi nyata ini, keinginan guru-guru serta kemauannya lebih meningkat dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya dimana guru-guru aktif dan kreatif serta mencari tahu dan bertanya sarana atau alat peraga apa lagi yang akan dibuat selanjutnya.


1.4.    REFLEKSI AKSI NYATA

Hasil yang diperoleh dari aksi nyata ini adalah :

A.      Kegagalan

      • Ada beberapa guru yang mempunyai pemahaman yang masih rendah tentang media / alat peraga pembelajaran
      • Guru belum dapat menyesuaikan antar sarana / alat peraga dengan tema 

B.       Keberhasilan

      • Suasana dalam membuat alat peraga sangat menyenangkan
      • Guru-guru lebih aktif dan kreatif
      • Kegiatan ini dapat memotivasi sekaligus meningkatkan kreativitas guru-guru
      • Dapat menggunakan langsung alat peraga yang sudah dibuat di saat proses belajar mengajar berlangsung.

 

1.5.    RENCANA PERBAIKAN DI MASA MENDATANG

Dengan adanya kegagalan di dalam kegiatan aksi nyata ini, maka penulis akan merencanakan perbaikan di masa yang akan datang yaitu dengan cara :

1.   Karena kurangnya pemahaman guru tentang sarana / alat peraga pembelajaran, maka saya akan melakukan perbaikan dengan cara mengajak teman sejawat / guru-guru untuk melihat kembali tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip sarana TK, pengadaan dan pembuatan alat peraga serta pelaksanaan penggunaan sarana / alat peraga pembelajaran di TK.

 

2.    Kegagalan yang kedua masih ada beberapa guru yang belum dapat menyesuaikan alat peraga dengan tema. Di sini saya akan mengajak guru-guru untuk mengkaji ulang kurikulum 2013 (K13) tentang tema-tema yang ada sekaligus disesuaikan dengan sarana / alat peraga yang akan digunakan di saat proses belajar mengajar berlangsung. Kemudian saya mengajak guru-guru membuat program semester, RPPM, RPPH, dan alat peraga serta mendemonstrasikan di depan guru-guru tentang penggunaan alat peraga itu sendiri.


1.6.    DOKUMENTASI KEGIATAN


Memberitahukan / meminta izin kepada kepala sekolah tentang tindakan aksi nyata yang akan dilakukan

Kepala sekolah memberitahukan / mensosialisasikan kepada guru-guru tentang kegiatan aksi nyata ini

Guru – guru membuat alat peraga

Membuat alat peraga dan disesuaikan dengan RPP

Guru-guru melanjutkan membuat alat peraga di hari berikutnya



 













Komentar