1.3.a.7 - DEMONSTRASI KONTEKSTUAL - PENERAPAN INKUIRI APRESIATIF

  1. 3. a. 7.  DEMONSTRASI KONTEKSTUAL 

"MENERAPKAN INKUIRI APRESIATIF"


TUGAS INDIVIDU 5

Upacara Bendera yang berpihak pada murid dan dinantikan oleh seluruh warga sekolah. 

Prakarsa Perubahan

Upacara yang berpihak pada murid dan dinanti oleh seluruh warga
sekolah

Tahapan

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B
Buat
Pertanyaan
(Define)

·      Praktik baik apa yang dapat ditemukan dari upacara bendera yang biasa dilakukan di sekolah ?

·      Hal apa yang masih perlu diperbaiki dalam pelaksanaan upacara bendera di sekolah ?

·      Inovasi apa yang dapat dilakukan dan diterapkan dalam melaksanakan upacara bendera ?

·       Mengamati kegiatan pelaksanaan upacara bendera

·       Mencatat hal baik dalam pelaksanaan upacara bendera

·       Mencatat hal yang masih perlu perbaikan dalam upacara bendera

·       Mencatat dan mendesain inovasi perubahan yang dapat dilakukan

·       Upacara sambil duduk menggunakan kursi

·       Menyanyikan lagu-lagu daerah

·       Membaca sholawat


A
Ambil
Pelajaran
(Discover)

·      Kelebihan / kekuatan apa saja yang telah ada saat upacara bendera selama ini ?

·      Siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan upacara bendera di sekolah ?

·      Bagaimana peran masing-masing pemangku kepentingan dalam pelaksanaan upacara bendera ?

·       Melakukan upacara bendera dengan tepat waktu

·       Siswa memakai seragam nasional warna biru – putih

·       Setelah upacara bendera, siswa melakukan kegiatan gotong-royong yaitu mengambil sampah yang berserakan di halaman sekolah

·       Mengidentifikasi pihak yang terlibat dalam pelaksanaan upacara bendera di sekolah

·       Mencatat masing-masing peran dari pemangku kepentingan dalam pelaksanaan upacara bendera


G
Gali Mimpi
(Dream)

·      Bagaimana mekanisme pelaksanaan upacara bendera yang menyenangkan bagi anak dan berpihak pada anak ?

·      Apa kebiasaan yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan upacara bendera ?

·      Impian apa yang akan diwujudkan untuk menciptakan yang berpihak pada anak ?

·       Mendesain bentuk pelaksanaan upacara dengan meningkatkan hal yang sudah baik dan memperbaiki yang belum maksimal

·       Mencatat respon atas kebiasaan positif yang diterapkan dalam kegiatan upacara bendera

·       Sekolah akan membuat suatu perubahan upacara bendera yang berpihak pada murid ataupun upacara bendera yang diinginkan murid adalah upacara di tempat yang teduh / tidak panas dan sambil duduk di kursi, namun ketika penaikan bendera siswa tetap berdiri dan memberi penghormatan sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu daerah dan bersholawat bersama-sama. Setelah upacara bendera selesai dilaksanakan maka siswa melakukan kegiatan gotong-royong yaitu mengambil sampah yang berserakan di halaman sekolah


J
Jabarkan
Rencana
(Design)

·      Seperti apa keterlibatan pemangku kepentingan dalam melakukan perubahan ?

·      Bagaimana cara melakukan perubahan yang positif ?

·      Bagaimana respon murid dengan perubahan yang ada ?

·      Langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mewujudkan impian itu ?


·       Melakukan kolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam mendesain pelaksanaan upacara bendera

·       Menyusun susunan upacara bendera yang baru

·       Menyediakan kursi untuk upacara bendera

A
Atur
Eksekusi
(Deliver)

·      Kegiatan perubahan apa yang dapat dilakukan dalam upacara bendera ?

·      Siapa yang mengkoordinir program ini setiap minggu ?

·      Siapa penanggung jawab atas program ini ?

·       Melaksanakan program perubahan yang telah disusun pada rencana perubahan dengan melibatkan pemangku kepentingan

·       Yang mengkoordinir kegiatan setiap minggu adalah guru secara bergantian

·       Guru dibuatkan jadwal piket untuk mengkoordinir upacara bendera dan menyiapkan bahan / peralatan yang dibutuhkan

·       Penanggung jawab kepala sekolah, yang didukung oleh komite dalam melaksanakan program ini


TUGAS INDIVIDU 6

Menyusun perbandingan antara upacara bendera yang biasa dilakukan di sekolah dengan upacara bendera versi baru. 


UPACARA BIASA

UPACARA VERSI BARU

Upacara yang biasa dilakukan terkadang membuat murid tidak bersemangat menjalankannya. Mereka harus berdiri terjemur di bawah terik matahari, sehingga mereka enggan mengikuti upacara bendera setiap hari senin. Upacara yang dari tahun ke tahun hanya seperti itu saja tanpa ada inovasi atau gebrakan-gebrakan terbaru. Guru memberikan pidato dan murid harus mendengarkannya di barisan, terkadang murid sibuk mengobrol di dalam barisan. Setelah upacara murid langsung masuk kelas tanpa mengambil sampah yang berserakan di halaman sekolah. Sering kali mereka tidak tahan berdiri terlalu lama di bawah terik matahari. Dalam pelaksanaan upacara bendera hanya tim guru yang terlibat dan guru itu-itu saja. Pembina upacara adalah kepala sekolah. Materi yang disampaikan pada pelaksanaan upacara bendera sangat monoton, sehingga membuat anak bosan dalam mengikutinya. Tidak ada tim kesehatan maupun pihak polsek atau kodim. Upacara bendera tidak dilaksanakan setiap minggunya, kadang ada dan kadang juga tidak ada. Tidak ada tim panduan suara.

Upacara yang disukai versi baru ini adalah upacara yang membuat murid nyaman dan senang melakukan kegiatan ini. Diusahakan untuk memilih lokasi upacara yang teduh dan nyaman, mereka disediakan kursi, tetapi ketika penaikan bendera mereka tetap berdiri untuk hormat bendera.  Setelah menyanyikan lagu wajib nasional, susunan acara ditambah dengan menyanyikan lagu daerah, bisa lagu daerah Aceh, bisa juga lagu daerah lain yang telah disepakati terlebih dahulu. Materi yang disampaikan bervariasi dan menarik sehingga membuat anak tidak bosan dalam mengikuti kegiatan upacara bendera. Setelah kegiatan upacara selesai, murid tetap ditugaskan untuk memungut sampah disekitar mereka setelah itu mencuci tangan dan masuk ke kelas masing-masing. Dalam kegiatan upacara bendera versi baru ini, akan disusun jadwal piket guru yang menjadi pembina upacara sehingga bukan guru itu-itu saja yang menjadi pembina upacara. Melibatkan pihak dari tim kesehatan untuk memberikan pengetahuan mengenai kesehatan dan juga melibatkan pihak dari polsek/polres untuk memberikan pengarahan tentang Bahaya Narkoba maupun Tindak Kriminal lainnya. Upacara bendera dilaksanakan rutin setiap hari senin. Guru mengajak murid per kelas untuk menjadi tim paduan suara, sehingga tim paduan suara bergantian dengan kelas yang lain.

 










Komentar